280 WNI Salurkan Hak Suaranya di New Celedonia

Laporan Tia

KABARIKU.Com-Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di New Caledonia memenuhi antrian di TPS 01 KJRI Noumea untuk melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Umum 2019, Minggu (14/4/2019).

“Pemilu serentak kali ini diselenggarakan untuk memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden RI serta Calon anggota DPR RI Dapil Jakarta II. Kegiatan Pemungutan Suara Pemilu 2019 di KJRI Noumea berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar,” terang Asep Hermawan, Konsul- Sosial Budaya, KJRI Noumea melalui Press Realease nya yang diterima redaksi Kabariku.Com, Senin (15/4).

Menurutnya, jumlah total pemilih yang terdaftar dalam DPTLN Noumea adalah 280 orang yang terdiri dari 240 orang metode TPSLN dan 36 KSK orang dan 4 orang Pos.

Petugas pelaksana Pemilu 2019 di New Caledonia (dok asep)

Sejak dibukanya TPSLN pukul 08:00 WS hingga ditutup pukul 18:00 WS, WNI yang bermukim dan berada di New Caledonia mendatangi TPS 01 untuk menyalurkan hak suaranya. Jumlah pemilih yang hadir dan memberikan suaranya sebanyak 213 orang yang terdiri dari 207 orang dari DPTLN, 2 orang dari DPTbLN, dan 4 orang dari DPKLN.

“Sementara sebanyak 36 WNI lainnya telah menggunakan hak suaranya melalui Kotak Suara Keliling (KSK) sejak tanggal 12-13 April 2019. Dari 36 orang tersebut, PPLN telah menerima surat suara sebanyak 29 orang, sementara 7 orang lainnya tidak bisa dihubungi,” kata Asep.

WNI di luar negeri, khususnya yang berada di beberapa pulau di New Caledonia memiliki kesempatan untuk memberikan hak suaranya melalui Pos. Hingga tanggal 14 April 2019 pukul 18:00 WS jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 4 orang.

“Selain mengikuti kegiatan Pemilu, para warga yang menyalurkan hak suaranya juga berkesempatan untuk temu kangen dengan masyarakat Indonesia lainnya dan mencicipi makanan khas Indonensia yang diselenggarakan di KJRI Noumea,” katanya.

Kegiatan Penghitungan Suara pada PPLN Noumea akan diselenggarakan pada hari Rabu, 17 April 2019 bertempat di KJRI Noumea.

Sekilas informasi terkait New Caledonia yang terletak di Pasifik Selatan, merupakan satu dari 9 wilayah seberang lautan (teritori) Prancis yang tersebar di seluruh dunia. Dengan status ini, walau berada di Pasifik, New Caledonia merupakan wilayah Prancis dan mengikuti hukum dan adminsitrasi Prancis.

Sejak tahun 1896 orang Indonesia telah berada di New Caledonia. Keturunan Indonesia hingga saat ini bekerja di berbagai sektor dari mulai pemerintahan hingga swasta dan telah mencapai generasi ke 6. Di antara mereka telah banyak berasimilasi dengan penduduk setempat (kawin campur) bahkan pindah kewarganegaraan.

Editor: Ahmad Sadli

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close