Hadapi Pemilu, Danrem 062/Tarumanagara Ajak Insan Pers Jaga Kondusifitas

Laporan Juniardi Gunawan

KABARIKU.Com-Danrem 062/ Tarumanagara, Kolonel Inf Parwito menggelar silaturahmi bersama Insan Pers se-wilayah Pringan Timur, di Aula Makorem Jalan Bratayuda No.65 Kota Kulon, Garut Kota, Kamis (28/3/2019) pagi.

Silaturahmi berlangsung penuh keakraban dihadiri puluhan insan pers baik cetak, online maupun elektronik tersebut mengusung tema ‘Soliditas dan Sinergitas TNI Bersama Insan Pers Dalam Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa’.

Kolonel Inf Parwito dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus dari Korem 062 Tarumanegara kepada semua insan pers atas terbangunnya soliditas dan sinergitas yang konstruktif selama ini di wilayah Priangan Timur.

“Media ini sangat membantu dalam penyampaian pelaksanaan tugas dan kinerja kami kepada masyarakat secara objektif dan transparan.Melalui media apa yang menjadi harapan masyarakat khususnya masyarakat Priangan Timur dan bisa dijadikan sebagai salah satu acuan kami dalam membangun diri menjadi lebih baik lebih modern lebih profesional dan lebih mencintai serta lebih dicintai masyarakat,” ucapnya.

Tahun lalu TNI mendapatkan predikat salah satu lembaga yang menduduki peringkat pertama, saya menyakini bahwa predikat ini adalah dari hasil kerja sama, para prajurit yang ada di lapangan setingkat Babinsa, Koramil, Kodim dan seterusnya

“Bagaimana kiprah TNI ditengah tengah masyarakat, bekerja sama di daerah daerah terpencil, maupun di desa-desa tertinggal untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, membantu masyarakat di bidang pertanian membantu masyarakat di bidang wawasan kebangsaan dan masih banyak lagi, semua terekspos oleh media,” paparnya.

Peran media dapat menentukan arah perjalanan sebuah bangsa. Hal itu tentu saja selaras dengan komitmen Korem 062/Tarumanagara sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah NKRI.

“Saat ini kita telah merdeka, bukan berarti bahwa perjuangan telah berhenti, jika dulu para Pahlawan Nasional itu berjuang untuk menyatukan Indonesia menjadi sebuah Negara yang merdeka dan berdaulat, maka saat ini kita juga sedang berjuang menghadapi ancaman yang dapat berpotensi menghancurkan persatuan dan kedaulatan Bangsa,” tegasnya.

Kolonel Inf Parwito meyebut, pihaknya melalui pembinaan teritorial yang bertujuan untuk membentuk ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman baik dari luar maupun dalam negeri. Mendayagunakan semua aspek penahanan negara, baik Trigatra (Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial) maupun Pancagatra (ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan). Demi terciptanya kondusifitas wilayah, khususnya di wilayah Priangan Timur.

Lebih jauh lagi disampaikan Danrem 062/Tarumanagara. Dalam waktu dekat Bangsa Indonesia akan melaksanakan agenda besar yaitu Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019.

“Berkenaan dengan itu, saya ingin mengajak rekan-rekan media bersama-sama dengan Korem 062/Tarumanagara dan komponen bangsa lainnya di wilayah Priangan Timur untuk bersatu padu menjaga kondusifitas,” ajaknya.

Danrem 062/Tarumanagara mengaku, saat ini banyak terjadi pemberitaan bohong, berita Hoax, yang tidak sesuai dengan fakta dilapangan, hate speech atau ujaran kebencian, black campaign, bahkan terindikasi adanya upaya-upaya untuk memanfaatkan momen Pemilu ini sebagai langkah untuk memecah belah bangsa yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggungjawab.

“Kita semua harus ingat, bahwa persatuan dan kesatuan bangsa adalah sesuatu yang mutlak dan harus diutamakan. Oleh sebab itu, Korem 062 Tarumanegara dan seluruh Insan Pers yang merupakan mitra strategis, harus senantiasa bergandengan tangan, khususnya dalam membangun ketahanan informasi, agar kita mampu terhindar dari potensi perpecahan yang seringkali hanya diakibatkan ole penyebaran informasi-informasi negatif dan egosentrisme yang berlebihan di tengah masyarakat ”, Katanya

Pihaknya berpesan dan berharap rekan-rekan media tetap dapat berperan aktif sebagai bagian dari komponen bangsa yang memiliki fungsi yang diemban sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, mediator konflik dan kontrol sosial serta fungsi pengembangan kebudayaan.

Menurutnya, media memiliki tanggung jawab dan peran besar terhadap apa yang disebut dengan pembentukan kebudayaan massa atau budaya populer menuju proses modernisasi. Kekuatan media dapat mempengaruhi opini publik sebagai alat penyampaian informasi dan pesan yang sangat efektif dan efisien.

Editor: Ahmad Sadli

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close