Ibu dan Anak di Cikajang Ini Kerap Makan Singkong karena Tak Bisa Beli Beras

Eni menangis saat diwawancara wartawan (foto poros garut)

Laporan Feri CB

KABARIKU.Com- Eni (30) warga Kampung Simpang, Desa Simpang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, langsung menangis saat dijenguk sejumlah wartawan di rumahnya beberapa hari lalu.

Ia mengaku trenyuh karena ternyata wartawan mempedulikan nasibnya.

Siapakah Eni? Wanita janda beranak satu ini hidupnya sangat miskin. Rumahnya sempit dan tak layak huni. Eni yang sehari-harinya buruh serabutan ini mengaku, kadang ia dan anaknya makan ubi karena tak punya uang untuk beli eras.

“Kadang saya dan anak saya terpaksa makan ubi atau singkong hasil minta dari tetangga, karena tak punya uang untuk membeli beras,” katanya.

Eni mengaku tak tega memberikan anaknya ubi atau singkong ketika tak mampu beli beras. Namun tak ada bisa yang ia lakukan selain itu.

“Daripada mencuri, mending makan apa yang ada,” ujarnya sambil menyusut air mata.

Parahnya Eni tak memiliki kartu BPNT, padahal warga yang ekonominya mencukupi banyak yang memperoleh bantuan pemerintah pengganti program raskin tersebut.

“Kalau waktu raskin dulu saya selalu dikasih Pak, tapi ketika sudah jadi BPNT saya tidak pernah dapat beras. Ketika melihat warga lain bawa beras dan telur saya kerap menangis Pak. Sedih rasanya ketika melihat orang dapat bantuan kenapa saya tidak. Padahal saya jauh lebih miskin. Bahkan pernah saya beli ubi ketika ibu-ibu dapat bantuan beras,” kata Eni.

BPNT memang harus segera ditunjau ulang agar tepat sasaran. Tidak validnya data hingga kini terus menjadi polemik yang belum terpecahkan.

Selai ini, banyak warga di Kabupaten Garut yang hidupnya di bawah garis kemiskinan justru tidak mendapatkan program ini.

Editor LT

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close