Dewan Pakar PISP : Pencalonan Aja Rowikarim Tak Langgar Aturan

Dewan Pakar PISP Hasanuddin

Laporan: Atika

KABARIKU.Com – Tidak ada peraturan yang dilanggar oleh Aja Rowikarim, salah satu direksi PDAM Tirta Intan Garut, dalam pencalonannya sebagai anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Hal itu ditegaskan oleh Dewan Pakar Pusat Informasi Studi Pembangunan (PISP), Hasanuddin, terkait ramainya pembicaraan mengenai pencalonan Aja Rowikarim menjadi anggota Bawaslu sekarang ini.

Beberapa pihak menyatakan, pencalonan Aja Rowikarim melanggar aturan sebab yang bersangkutan tidak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai salah satu anggota direksi PDAM Tirta Intan, BUMD milik Pemkab Garut.

Menurut Hasanuddin, dalam pencalonannya menjadi anggota Bawaslu, Aja tidak harus mengundurkan diri dari jabatannya, sebab pengunduran diri sebagaimana dimaksud UU No 15 tahun 2011 adalah apabila terpilih menjadi anggota Bawaslu.

“Pengunduran diri yang dimaksud, sifatnya tidak definitif atau serta merta. Apalagi Aja masih berstatus Plt. Direksi,” tutur Hasanuddin, Minggu (12/8/2018).

Oleh sebab itu, lanjutnya, Aja Rowikarim tak bisa dikenai sanksi dalam bentuk apa pun, baik administrati maupun pemberhentian.

“Apalagi jabatan Bawaslu adalah jabatan publik yang sama-sama bersifat demi kepentingan umum. Apa yang dilakukan Aja merupakan tanggung jawab moral yang patut diapresiasi,” jelasnya.

Hasanuddin menambahkan, persyaratan anggota Bawaslu bersifat pribadi dan politis, tak ada kaitannya dengan pelayanan publik PDAM.

“Oleh karena itu Aja sebaiknya mengesampingkan tudingan bahwa dirinya melanggar aturan,” ujarnya.

Menurut Hasanuddin, yang harus menjadi sorotan utama terkait PDAM adalah Bupati Garut segera mendefinitifkan pejabat-pejabat yang masih berstatus Plt karena kewenangannya terbatas.

Namun, dalam hal ini yang lebih utama adalah Bupati segera mendefinitkan pejabat2 yang masih berstatus plt karena kewenangannya terbatas.

“Status Plt menyulitkan para direksi mengambil keputusan penting terkait penataan pelayanan di PDAM,” kata Hasanuddin.

Editor: LT

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close