Menteri Susi Pujiastuti Lulus Paket C, Nilainya Tertinggi Se-Ciamis

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti (foto: infospesial.net)

Laporan Een

KABARIKU.Com-Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kini mengantongi ijazah setara SMA setelah berhasil menamatkan pendidikan Paket C di kampung halamannya di Pangandaran, Jawa Barat.

Susi tercatat sebagai siswa di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Pandu Mandiri sejak 2015. Kemudian mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berlangsung di SMA 1 Pangandaran, pada 11-13 Mei 2018 kemarin.

Adalah Anies Baswedan yang saat itu menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang berhasil Bu Menteri ini untuk melanjutkan pendidikannya hingga setara SMA. Saat itu usai sidang kabinet pada 16 Juni 2015. Anies menghampiri Susi dan menanyakan apakah dia mau mengikuti ujian Kejar Paket C tahun berikutnya.

Semula, Susi menanggapinya dengan canda. Namun Anies terus membujuk sampai akhirnya Susi mengiyakan permintaan itu.

“Saya yang berjalan di belakang mereka berdua awalnya hanya sayup-sayup mendengar percakapan tersebut, namun akhirnya Pak Anies menoleh ke saya, ‘Kamu saksi, ya. Ibu udah bilang mau, jadi tahun depan kita atur’,” tutur Fika seperti dirilis Antara.

Hasilnya, bukan hanya lulus, namun peraih gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Dipenogoro tahun 2016 ini juga menjadi peserta dengan nilai terbaik dari 569 peserta ujian Kejar Paket C se-Ciamis. Nilai tertinggi diperoleh dalam ujian mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (nilai 82,0) dan Bahasa Inggris (76,0).

Susi sebenarnya sempat sekolah di SMA, yakni di SMAN 1 Yogyakarta tahun 1980. Namun hanya sampai kelas II. Sementara SMP-nya di SMPN 1 Pangandaran lulus pada 1979. Dan SD di SDN 8 Pangandaran pada kurun waktu 1971-1976.

Editor LT

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close