Pemerintah dan Muhammadiyah Tetapkan Lebaran 2018 Jatuh pada Jumat Besok

Laporan Tia

KABARIKU.Com-Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1439 H atau Hari Lebaran 2018, jatuh pada hari Jumat (15/6) besok.

Ketetapan itu diungkapkan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, setelah menggelar Sidang Itsbat Awal Syawal 1439 Hijriah di Kantor Kemenag MH Thamrin Jakarta, Kamis (14/6) sore tadi.

Sidang Itsbat dihadiri sejumlah unsur seperti dari duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Badan Informasi Geospasial (BIG). Selain itu, hadir juga delegasi Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Pada sidang tersebut, para ahli astronomi memaparkan posisi hilal terkini. Setelah itu, diadakan Sidang Isbat tertutup yang diikuti tamu undangan. Itsbat diakhiri dengan pengumuman hasil sidang yang dilakukan dengan kegiatan jumpa pers bersama awak media televisi, radio, cetak, dan online.

Sementara itu, Organisasi Masyarakat Muhammadiyah sebelumnya telah resmi pula menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah bertepatan pada hari Jumat 15 Juni 2018. Ketetapan tersebut tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/1.0/E/2018 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1439 Hijriah.

Ketetapan dari Muhammadiyah tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Abdul Mu’ti serta diunggah di media sosial Twitter resmi milik Muhammadiyah.

Editor LT

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close