Arus Mudik Kali Ini, Jalur Limbangan Garut Rata-rata Dilewati 1.500 Unit Kendaraan Per Jam

Laporan Tia

KABARIKU.Com– Berdasarkan data dari TMC Pos Pelayanan Terpadu Limbangan, pada H-3 Lebaran 2018 atau Selasa (12/6/2018), volume kendaraan yang masuk ke Jalan Raya Limbangan dari arah Bandung ke arah Tasikmaya sejak pukul 06.00 pagi tadi hingga pukul 14.30 siang, sebanyak 20.598 unit. Jika dirata-ratakan, jalur Limbangan dimasuki sekitar 1.600 unit mobil per jam dari arah Bandung.

Hal itu diungkapkan Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna saat mendampingi Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, meninjau Pos Pam terpadu Lebaran 2018 di Limbangan, Kabupaten garut, Selasa (12/6/2018) siang.

“Rata-rata sekitar 1.600 unit per jam. Namun meskipun demikian, peningkatan kendaraan terus terjadi, bahkan terhitung sejak pagi tadi hingga siang ini, sudah lima kali pemberlakuan satu arah atau one way. Rata-rata setiap kali one way sekitar 15 sampai 30 menit,” kata Kapolres.

Kendati demikian, menurut Kapolres, jumlah kendaraan pada arus mudik sekarang ini, pada periode yang sama, jauh menurun dibanding arus mudik tahun lalu. Menurut Kapolres, hal ini terjadi di luar perkiraan.

“Awalnya puncak arus mudik diperkirakan mulai Jumat, Sabtu dan Minggu lalu, namun hingga kini masih terbilang lancar. Memang ada peningkatan tapi tidak signifikan. Bahkan penambahan kendaraan pemudik tidak terlalu mencolok jika dibandingkan weekend sekalipun. Mungkin jika biasa 1.000 unit per jam, sekarang paling 1.500 unit per jam,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, menyatakan, puncak mudik sudah terjadi pada H-4 atau Senin (11/6) kemarin. Sementara pada H-3 ini, meski ada peningkatan volume kendaraan, namun arus lalu lintas masih dalam keadaan kondusif dan tidak ada hambatan.

“Evaluasinya titik puncak mudik itu kemarin malam Senin. Sekarang hanya padat, nanti usai sholat Idul Fitri mungkin naik lagi, begitu biasanya, tidak akan terjadi hal yang signifikan,” kata Agung.

Ia menambahkan, secara keseluruhan arus lalulintas di jalur selatan pada arus mudik kali ini terbilang lancar. Meskipun teradi kepadatan namun hal itu tak terlalu siginifikan.

Editor LT

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close