Keren, Kader PKK Ciwalen Garut Ubah Lingkungan Jadi Menawan

Risna Risnawati mengecat tembok pembatas jalan (kabariku/tadz)

KABARIKU.Com– Kalau kita berkunjung ke wilayah Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, ada yang beda sekarang ini. Wilayah kelurahan itu kini terlihat lebih menawan dan segar dipandang mata. Setiap tembok dinding pembatas yang mengapit jalan-jalan kecil di wilayah kelurahan itu dicat warna-warni dengan warna-warna cerah.

Menurut Risna Risnawati, Ketua Kader PKK Kelurahan Ciwalen, pengecatan tembok-tembok ini merupakan penerapan dari program “eco village” untuk menyegarkan suasana perkampungan.

“Meskipun bukan daerah elit tapi terkesan indah mempesona, enak dipandang, nyaman di hati,” tutur Risna.

Jelas Risna, pengecatan ini dilakukan bukan hanya melingkupi wilayah kantor kelurahan saja, tapi tersebar ke setiap RW. Seperti di wilayah RW 10 Kampung Ciwalen dekat lapangan voli, tembok/dinding gang di sini pun dicat warna-warni.

“Warna catnya pun dipilih warna yang cerah dan menyolok agar kelihatan mempesona, seperti warna merah, hijau, pink, biru, kuning dan sebagainya,” ujarnya.

Menurutnya, proses pengerjaannya dan biayanya ditangani langsung oleh ibu-ibu kader Kelurahan Ciwalen.

Hal ini dibenarkan oleh Agus Tomi SR, Kepala Kelurahan Ciwalen. Ia mengatakan, pengecatan dinding/tembok gang ini merupakan ide kader-kader PKK. Pengecatannya dan pembiayaannya pun ditangani langsung oleh ibu-ibu kader dengan cara iuran.

“Kreativitas ibu-ibu semacam ini patut didukung, disokong dan dicontoh oleh kita semua, insya Allah ke depan akan diterapkan ke tiap lingkungan RW yang berada di Kelurahan Ciwalen. Alhamdulillah di RW 10 sudah diterapkan, mungkin RW lain akan juga mengikutinya,” katanya.

Agus mengakui pengecatan tembok dinding pembatas jalan memang sangat berpengaruh, suasana lingkungan kelihatan jadi indah sehingga kesan kumuh jadi hilang,” tuturnya.

Editor LT

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close