Semua Agama Mengajarkan Kedamaian

Laporan Atu RF

KABARIKU.Com– Islam dan semua agama yang ada di Indonesia mengajarkan perdamaian. Oleh karena itu, peran para pemuka dan penyuluh agama harus lebih diintensifkan lagi untuk menyosialisasikan ajaran daai tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Kasubdit Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Dr. Hj. Intan P, saat memberikan materi dalam kegiatan seminar pencegahan terorisme dengan tema “Ayat-ayat Damai” di Hotel Danau Dariza, Cipnas, Garut, Rabu (28/3/2018).

Acara yang digelar atas kerjasama BNPT dan Kementerian Agama itu dihadiri sekitar 120 orang dari berbagai unsur termasuk tokoh lintas agama.

Hadir pula di antaranya Kapolres Garut yang diwakili Kasi 4, Dandim Garut yang diwakili Pasi Intel, Kepala Kesatuan bangsa Kabupaten Garut Wahyudijaya, dan sebagainya.

Sedangkan pembicara, selain Hj. Intan juga Kepala Kemenag RI Wilayah Jawa Barat, H. Aa Bohori, MM.

Hj. Intan juga menekankan pentingnya memobilisir potensi kearifan lokal dalam menanggulangi radikalisme. Menurutnya, potensi-potensi radikalisme di daerah akan segere terdeteksi jika potensi kearifan lokal diberdayakan.

“Lembaga-lembaga masyakarat lokal harus terlibat dalam menanggulangi radikalisme sehingga jika ada penonjolan segera terdeteksi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Jawa Barat, H. Aa Bohori, mengatakan, Islam merupakan agama rahmatan lilalamin oleh karena itu radikalisme bukanlah ajaran Islam.

“Guru agama harus mengajarkan makna Alquran secara benar kepada generasi penerus dalam konteks bahwa Islam merupakan agama rahmatan lilalamin tersebut. Namun sayangnya, guru-guru agama jumlahnya sangat kurang sehingga masyarakat mudah disusupi oleh paham radikal,” ungkapnya.

Aa juga mengajak semua pihak untuk menjalankan amanah para pendahulu dan pendiri Republik ini. Berkat mereka, Indonesia bisa melepaskan diri dari kekejaman penjajah. “Mereka yang terdiri dari berbagai golongan dan agama, bersatu padu melawan penjajahan,” katanya.

Editor LT

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close