Diundang Jadi Pembina Upacara di Uniga, Ini Pernyataan Dandim 0611 Garut

Laporan: Abar

KABARIKU.Com-Universitas Garut (Uniga) melaksanakan upacara bendera bulanan dengan Pembina Upacara, Dandim 0611 Garut, Letkol Inf. Asyraf Azis, bertempat di Lapangan Upacara Uniga, Jl. Samarang No. 52A Garut, Senin, (19/3/2018).

Hadir alam upacara tersebut Rektor Universitas Garut Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng beserta jajaranya.

Sejak Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng dikukuhkan sebagai Rektor Universitas Garut, Upacara Apel Pagi setiap hari Senin dan Upacara Bendera Bulanan sudah menjadi rutinitas wajib yang dilaksanakan Uniga.

Menurut Rektor Uniga, kegiatan upacara penting dilaksanakan sebagai upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera.

“Nilai-nilai tersebut di antaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerjasama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan) yang saat ini mulai terkikis oleh perkembangan jaman yang semakin cepat berkembang,” kata Rektor.

Sementara dalam sambutannya, Dandim 0611 Garut, Letkol INF Asyraf Azis, menyebutkan, upacara bendera yang dilaksanakan setiap bulan memiliki makna penting. Di samping sebagai wahana penyampaian informasi pimpinan Uniga terkait pelaksanaan program kegiatan, juga bertujuan memupuk kedisiplinan, jiwa korsa, loyalitas dan silaturahmi antar civitas akademika Universitas Garut serta merupakan implementasi sinergitas diantara TNI dengan kalangan akademis.

Asyraf Azis mengungkapkan apresiasnya kepada Rektor Universitas Garut yang telah mengundangnya dan menjadi Inspektur Upacara dalam kegiatan rutin upacara bendera yang setiap bulan dilaksanakan oleh Universitas Garut.

“Saya sangat tersanjung dan mengucapkan terima kasih kepada Pak Rektor Uniga yang telah mengundang saya untuk menjadi Inspektur Upacara, ini bentuk kepercayaan kalangan akademik kepada TNI, ke depan terkait program Uniga jika diajak kerjasama lebih jauh, kami akan siap membantu dan bekerjasama dengan Universitas Garut sebagai Lembaga Perguruan Tinggi kebanggaan Garut, apalagi Universitas Garut mempunyai program Bela Negara bagi mahasiswa baru, itu merupakan langkah yang baik dan wajib didukung dalam bentuk kerjasama nyata” ungkapnya.

Selain itu Dandim 0611 mengajak kepada seluruh mahasiswa untuk berperan aktif membangun wawasan kebangsaan. Dandim juga menghimbau kepada seluruh peserta upacara untuk tidak terlibat dalam aktivitas atau organisasi terlarang yang tidak sesuai dengan Pancasila sebagai idiologi NKRI.

Ditambahkannya, media informasi dan media sosial melalui hand phone (HP) sebagai jendela dunia, merupakan sarana yang sangat mudah untuk mengetahui berbagai macam berita. Dandim menghimbau agar hal ini disikapi dengan cara yang positif, cerdas dan berhati-hati terhadap pemberitaan atau berita bohong (hoax).

“Sebagai pelajar, tugas yang paling utama adalah belajar yang baik dan beretika guna meraih prestasi dan mewujudkan cita-cita yang diinginkan“, tegasnya.

Setelah upacara selesai, ditemani Rektor Uniga beserta jajaran pimpinan, Dandim 0611 berkesempatan memberikan selamat dan kekagumannya akan penampilan Paduan Suara Univesritas Garut “Gempita Swara Uniga” yang menjadi pengiring lagu-lagu kebangsaan dan lagu daerah.

Dalam kesempatan upacara, dilaksanakan pula penyerahan penghargaan kepada Tim Paduan Suara “Gempita Swara Uniga” yang meraih Juara ke 3 dalam event Festival Nasional Paduan Suara.

Editor: LT

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close