Amazing Garut, Pasar Cikajang akan Diubah Menjadi Mall Megah

Laporan Tono

KABARIKU.Com– Salah satu program ‘Amazing Garut’ yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 adalah membereskan Pasar Samarang dan membangun Pasar Cikajang.

Khusus untuk Pasar Cikajang, tahun 2018  rencananya akan diubah menjadi mall representatif bahkan megah.

Hal itu diungkapkan Bupati Garut Rudy Gunawan saat menyaksikan deklarasi ODF (Open Defecation Free) di Desa Giriawas, Kecamatan Cikajang, Rabu (27/12/2017) sore hari.

Menurut Bupati, para pedagang Pasar Cikajang yang sekarang terdaftar di pasar, tidak akan dipungut biaya alias gratis untuk menempati mall tersebut.

“Para pedagang gratis menempati mall tersebut. Mereka  hanya bayar untuk kebersihan saja setiap hari,” kata Bupati.

Ditambahkannya, pasar merupakan tempat kegiatan ekonomi yang sangat penting bagi masyarakat sehingga keberadaannya harus baik, sehat, dan menarik. Jangan kalah oleh mall-mall lain.

“Kenapa bangunan pasar harus representatif? Karena merupakan pusat kegiatan ekonomi masyarakat yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan. Kesan pasar tardisional yang becek dan kumuh harus dihilangkan,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu pejabat Dinas Kesehatan, DPMD, Camat Cikajang Rahmat dan undangan lainnya.

Sementara deklarasi ODF, dilaksanakan oleh tiga desa yakni Desa Mekarsari, Desa Giriawas, dan Desa Padasuka.

Camat Rahmat berharap dekalarasi ODF diaplikasikan dalam tindakan nyata sehari-hari sehingga kesehatan warga ketiga desa yang melakukan deklarasi terjamin.

Camat pun mengaku bangga karena  Bupati Garut langsung menyaksikan deklarasi ODF di Cikajang. Ia berharap kehadiran bupati bisa menambah motivasi kepada warga untuk menjaga  pola hidup sehat dan bersih dalam kehidupan sehari-hari.

Editor LT

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close