KPK Ajak Masyarakat Berpartisipasi Perbaiki Layanan Publik Dalam Kompetisi ‘JAGA Data Challenge’

  • Bagikan

Kabariku- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar kompetisi JAGA Data Challenge sebagai upaya menambah literasi masyarakat mengenai data pada pelayanan publik dan pengolahannya, yang dapat menjadi informasi berguna dalam pencegahan atau deteksi dini korupsi melalui situs dan aplikasi JAGA.

Kompetisi berhadiah puluhan juta rupiah ini akan menantang peserta dari kategori umum dan mahasiswa (S1) untuk memanfaatkan dan menganalisis data yang ada pada sektor pelayanan publik yang tersedia pada menu JAGA yaitu: Pendidikan, Desa, Fasilitas Kesehatan, Perizinan, dan Penanganan COVID-19. Analisis data dapat dilakukan dengan metode Descriptive Analysis, Predictive Analysis, Prescriptive Analysis, dan/atau analisis lainnya. Analisis data ini nantinya dapat dikemas dalam bentuk makalah.

Di saat yang sama, digelar pula JAGA Mascot Design Challenge yang terbuka untuk umum. Karya dalam bentuk desain grafis dari peserta diharapkan menggambarkan kata kunci: Berintegritas, Partisipatif, Akuntabel, Responsif, Transparan, Pencegahan Korupsi, Pelayanan Publik, sesuai dengan value JAGA dan KPK, serta karakter yang mudah diterima oleh Masyarakat Umum.

Tak hanya berbentuk kompetisi, JAGA Data Challenge juga menggelar rangkaian seri diskusi dengan topik seputar sektor-sektor pelayanan publik.

Diskusi ini dapat disimak secara langsung melalui kanal YouTube KPK RI

JAGA, Jaringan Pencegahan Korupsi Indonesia merupakan inisiasi KPK dalam mendorong keterbukaan data publik. Dalam aplikasi JAGA tersedia data dan informasi dari sektor pelayanan publik yaitu sektor Pendidikan, Desa, Fasilitas Kesehatan, Perizinan, dan Penanganan COVID-19.

Diketahui, sejak diluncurkan pada 2016 sampai dengan saat ini, JAGA telah mengumpulkan lebih dari 400.000 profil sekolah dan informasi lainnya di bidang pendidikan. Selain itu, juga terdapat 13.000 profil rumah sakit dan puskesmas, serta 74.000 profil desa di seluruh Indonesia.

Bagi masyarakat yang berminat menjadi peserta dapat melakukan pendaftaran dimulai 22 September sampai 22 Oktober 2021. Rangkaian kegiatan berikutnya adalah pengumuman seleksi peserta yang akan dilakukan pada 1 November 2021. Selanjutnya, Bootcamp pada 2 – 7 November 2021, dan tahap penjurian yang dilanjutkan dengan final awarding pada 10 – 11 November 2021.

Selama proses kompetisi,KPK akan menyelenggarakan rangkaian diskusi/webinar dengan berbagai topik terkait pelayanan publik khususnya sektor: kesehatan, keuangan desa, dan pendidikan, yaitu pada 29 September, 6 Oktober, dan 13 Oktober 2021.

Daftarkan dirimu paling lambat tanggal 7 November 2021, dan raih kesempatan memenangkan hadiah puluhan juta rupiah sekaligus berkarya dalam mendukung upaya pemberantasan korupsi.

Simak informasi lebih lengkap tentang JAGA Data Challenge dan JAGA Mascot Design Challenge: https://jaga.id/datachallenge/

*KPK RI

Red/K.101
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *