Subhanallah, Ternyata Inilah Khasiat Singkong Rebus

KABARIKU.Com– Bagi orang Indonesia singkong bukan barang aneh lagi. Bahkan sejenis umbi-umbian ini cenderung disepelakan karena hampir ditanam di setiap tempat.

Beberapa nutrisi penting yang ada dalam singkong diantaranya adalah kalori, karbohidrat, serat, thiamin, kalsium, fosfor dan juga riboflavin.

Berikut manfaat singkong kukus yang bisa anda peroleh jika Anda mengonsumsinya.

Sumber Energi

Dalam setiap 100 gram singkong kukus mengandung 38 gram karbohidrat dan 160 kkal.Dengan demikian singkong menjadi sumber energi sangat baik untuk aktivitas fisik yang berat. Energi yang dihasilkan dari singkong ini akan dipecah menjadi glukosa kemudian disimpan dan diubah menjadi glikogen dalam otot sebagai sumber energi.

Memperbaiki Jaringan Tubuh

Singkong juga mengandung protein yang akan melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Beberapa jenis protein yang terkandung diantaranya adalah lisin, isoleusin, valin, leusin dan berbagai arginin yang lebih baik dari kedelai dan telur sebagai sumber protein.

Menurunkan Kolesterol Darah

Mengonsumsi singkong secara signifikan akan menurunkan kadar kolesterol LDL yang merupakan jenis kolesterol buruk dalam tubuh. Singkong juga merupakan sumber saponin yang sangat baik untuk mengikat asam empedu dan kolesterol sehingga tidak diserap dalam usus halus.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol, singkong kukus juga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung karena tinggi akan serat dan bisa menjaga pembuluh darah serta sirkulasi dari dalam tubuh.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Kalsium yang terkandung di dalam singkong dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Mengkonsumsi singkong kukus sangat disarankan untuk membangun massa tulang.

Menjaga Metabolisme

Singkong juga menjadi sumber vitamin B kompleks seperti folat, piridoksin, riboflavin, thiamin dan asam pantotenat yang sangat penting untuk menghasilkan hormon metabolisme dan menjaganya supaya tetap normal.

Mencegah Sembelit

Singkong mengandung serat tinggi yang bisa mencegah sembelit

Menurunkan Gula Darah

Serat dalam singkong akan memproses penyerapan gula dalam aliran darah lebih lambat. Ini merupakan kabar baik karena banyak manfaat singkong untuk diabetes sehingga bisa merasa kenyang lebih lama tanpa perlu khawatir gula darah menjadi naik.

Mencegah Kanker

Singkong juga merupakan sumber antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas dan menjadi penyebab kanker. Antioksidan kuat seperti vitamin C, beta karoten dan saponin yang merupakan antioksidan kuat untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan memperbaiki DNA rusak sehingga menjadi makanan solusi kanker yang baik.

LT, disarikan dari manfaat.co.id

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia. Kantor - Jln. Palmerah Selatan No. 30A Jakarta Pusat, 10270, Karindra Building lantai 1 Suite 5A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close