Jangan Sepelekan Manfaat Daging Tutut Sawah

KABARIKU.Com-Daging tutut atau keong sawah yang kenyal seperti ampela ini ternyata luar biasa. Selain enak dimasak, kandungannya juga kaya manfaat. Di beberapa daerah daging tutut ada yang dibuat camilan dengan cara dikeringkan. Namun di kita, umumnya tutut langsung dimasak dengan cara direbus dengan menggunakan bumbu rempah-rempah.Lalu dimakan langsung.

Berikut ini adalah manfaat daging tutut untuk kesehatan tubuh

1. Memiliki Protein Sangat Tinggi

Tutut yang harganya murah dan bisa didapatkan dengan mudah di sawah ini, ternyata mengandung protein sangat tinggi. Kandungan proteinnya sama dengan ikan dan daging yang harganya mahal.

Selain bagus untuk penjaga stamina orang dewasa, protein hewani tutut juga sangat baik untuk merangsang pertumbuhan anak-anak.

2. Mengandung Omega 3

Tubuh membutuhkan Omega 3 atau asam esensial. Sayangnya, omega 3 tak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga untuk mendapakannya tubuh butuh asupan dari luar.

Daging tutut bisa menjawab kebutuhan tersebut. Salah satu manfaat Omega 3 adalah menjaga rambuat agar tetap kuat, tidak rontok. Konon minyak esensial yang terdapat dalam tutut berguna untuk mengatur pertumbuhan rambut serta dapat menjaga kelembaban rambut. Nah Anda yang mengalami kerontokan rambut, sangat disarankan untuk sering mengonsumi tutut.

3. Omega 6 untuk Perkembangan Otak

Selain mengandung omega 3, daging tutut juga mengandung Omega 6 yang berfungsi merangsang perkembangan otak. Sama seperti omega 3, Omega 6 tak bisa diproduksi tubuh sehingga butuh asupan dari luar. Anak-anak, yang berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, sangat bagus mengonsumsi tutut agar otaknya berkembang.

4. Kaya Akan Kalsium

Konon daging tutut memiliki 217 mg kalsium. Kalsium adalah zat yang sangat diperlukan oleh tubuh, terutama tulang. Tulang yang kekurangan kalsium akan mengalami pengeroposan. Nah Anda yang tak suka minum susu, bisa menggantinya dengan mengonsumsi tutut.

5. Obat Alternatif

Di beberapa tempat, tutut juga digunakan sebagai obat alternatif. Di antara beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan tutut adalah penyakit magh, liver, dan kolesterol. Hal tersebut dikuatkan dengan kandungan daging tutut yang rendah lemak dan tinggi berbagai vitamin yang baik untuk tubuh.

6. Mengontrol Kolesterol

Bukan hanya mengandung Omega 3 dan 6, tutut juga juga mengandung Omega 9, zat yang bisa melawan kuman jahat yang terdapat di kolesterol tubuh.

7. Obat Wasir

Di sejumlah tempat, tutut dipercaya bisa megobati wasir. Caranya, tutut dimasak biasa dengan campuran rempah-rempah dan bumbu lain agar sedap, kemudian dimakan.

8. Kaya Vitamin

Daging tutut juga kaya akan vitamin di antaranya vitamin A, E, niacin dan folat. Asam folat sangat baik bagi kesehatan ibu hamil. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata, dan vitamin E berguna untuk kesehatan kulit.

9. Regenerasi Sel pada Tubuh

Makan tutut bisa memperlancar regenerasi sel pada tubuh. Sel-sel yang rusak akan segera diganti dengan sel baru. Nah makan tutut bisa mempercepat pergantian sel yang rusak pada tubuh tersebut.

10. Aman bagi Pengidap Diabetes

Tutut juga aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes karena daging tutut memiliki kandungan gula rendah.

Itulah sebagian manfaat tutut, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi tutut.

LT, dari berbagai sumber

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia. Kantor - Jln. Palmerah Selatan No. 30A Jakarta Pusat, 10270, Karindra Building lantai 1 Suite 5A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close