Ingin Awet Muda, Sering-seringlah Minum Air Kelapa

KABARIKU.Com- Bagi Anda yang ingin awet muda, meminum air kelapa merupakan terapi murah yang sangat mujarab.

Air kelapa banyak mengandung vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dalam air kelapa, yaitu vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan folat, serta vitamin C meski hanya 2,4 mg. Kandungan mineral dalam air kelapa antara lain kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng.

Kandungan mineral dalam air kelapa lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Bagi kecantikan, meminum air kelapa muda dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Konon, kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan perkembangan, dan penuaan sel.

Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

Jadi, jika Anda ingin awet muda, sering-seringlah minum air kelapa muda.

Mengatur gula darah

Selain itu, air kelapa muda, juga dapat mengatur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Ini karena air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Atasi gangguan pencernaan

Manfaat lainnya, air kelapa mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Air kelapa berguna saat Anda terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Air kelapa mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase, dan berbagai enzim lainnya.

Minuman sehat olahragawan

Bagi Anda yang hoby olahraga, air kelapa merupakan salah satu minuman sehat yang bisa mengembalikan kebugaran tubuh.

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Namun, untuk mengembalikan hidrasi agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan, air kelapa harus diminum dalam jumlah banyak.

Selamat mencoba!!!

(LT, disarikan dari hellosehat)

Ditandai

Redaksi Kabariku.com

Kabariku.com diterbitkan di penghujung Tahun 2017, tepatnya pada Hari Jumat 1 Desember 2017 (12 Rabiul Awal) oleh PT. Media Malka Shazia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close