Papua Kembali Aman, Ini Pernyataan Generasi Muda Papua

0 374

KABARIKU – Pascarusuh beberapa waktu lalu, situasi dan kondisi Papua kini telah aman dan damai. Salah seorang tokoh generasi muda Papua yang juga Ketua DPD Repdem Provinsi Papua Barat, Dominggus Yable menyampaikan terima kasih terhadap TNI dan Polri yang telah bekerja keras meredam dan mengamankan situasi Papua sehingga kembali ke kondisi semula.

“Maka kita kami sebagai generasi muda Papua sangat berterima kasih kepada TNI dan Polri serta semua pihak yang sudah berupaya mengamankan situasi dan kondisi di Papua dan Papua Barat, baik itu Manokwari, Kota Sorong, Fakfak, Kaimana, Bintuni Jayapura, Merauke dan Deiyai serta kabupaten/kota lainnya di Teluk Cendrawasih Papua,” ungkapnya dalam siaran persnya yang diterima Kabariku, Kamis (5/9/2019).

Sebagai Ketua DPD Repdem Provini Papua Barat, Dominggus juga meminta TNI dan Polri mengusut tuntas kerusuhan yang belakangan ini terjadi di Indonesia, baik di Asrama Papua Surabaya maupun kerusuhan dan aksi anarkis di bumi Papua.

“Usut siapa yang menjadi aktor di balik kerusuhan di Asrama Papua Surabaya, dan juga siapa pun yang menjadi aktor di balik aksi anarkis di Papua. Bahkan tindak penjarakan demi keamanan, persatuan dan kesatuan serta keutuhan kita sebagai bangsa yang plural, bangsa yang merdeka dan bangsa yang sepatutnya dewasa ketika sudah berumur 74 tahun,” paparnya dalam siaran persnya.

Bercermin dari rentetan kejadian tersebut, Dominggus sebagai generasi muda Papua berharap, pertama, jangan ada lagi ungkapan terkait rasisme kepada orang asli Papua. Kedua, jangan lagi ada perbedaan perlakuan terhadap mahasiswa Papua yang sedang studi di seluruh pelosok nusantara. Ketiga, kelompok atau siapa pun yang menjadi aktor di balik kerusuhan di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya dan menjadi dalang aksi “berjilid jilid” di Papua ditindak dan diproses berdasarkan aturan perundangan-undangan yang berlaku.

Kemudian keempat, sebagai generasi muda Papua, Dominggus meminta kepada pihak TNI dan Polri agar siapa pun yang bersalah harus ditindak dan dihukum demi keamanan dan kenyamanan negara.

Kelima, lanjutnya, sebagai generasi muda papua dirinya menyerukan agar semua pihak memupuk persatuan dan kesatuan baik dari Sabang sampai Merauke. (Ref)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.