Ucapkan Selamat kepada Presiden Jokowi, 12 Dubes Negara Sahabat Berharap Tingkatkan Kerjasama

0 39

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima Dubes Malaysia untuk Indonesia, Rabu (7/8/2019). (Foto: Infopresiden.com)

 

KABARIKU – Para duta besar (dubes) dari 12 negara sahabat yang telah menyerahkan surat kepercayaan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (7/8) pagi, menyampaikan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terpilih kembali dalam pemilihan umum bulan April lalu.

“Dalam audiensi Presiden dengan para duta besar yang baru tadi, mereka menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden atas pemilihan kembali dari hasil pemilu yang kemarin,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Jokowi menerima surat kepercayaan dari 12 duta besar baru negara sahabat itu.

Tentu harapannya dengan terpilihnya kembali Presiden Jokowi, menurut Menlu, adalah di second term ini, Presiden dan Indonesia dapat meningkatkan hubungan bilateral dengan masing-masing negara.

Menlu menjelaskan, rata-rata harapannya adalah untuk memperkuat kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan, investasi. Selain itu, beberapa negara bicara mengenai masalah capacity building secara khusus, bicara mengenai infrastruktur dan lain lain.

Khusus dengan Turki, Menlu Retno Marsudi, menjelaskan, Indonesia sedang menegosiasikan Indonesia Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement.

“Mudah-mudahan tahun ini negosiasi sudah selesai, dan tahun depan pada saat kita akan memperingati 70 tahun hubungan diplomatik dengan Turki, maka akan dapat ditandatangani,” terang Menlu.

Menurut Menlu, ada rencana kunjungan Presiden Turki, Recep Erdogan ke Indonesia, tetapi belum untuk tahun ini. “Insya Allah tahun depan. Masih ada beberapa yang harus kita selesaikan. Jadi kita akan berusaha untuk menyelesaikan akhir tahun ini sehingga pada saat rencana Presiden Erdogan sudah kelihatan tanggalnya, maka siap untuk ditanda tangani,” ujarnya.

Sementara dengan Duta Besar Inggris, lanjut Retno, Presiden membahas khusus tentang pendidikan.

Dialog Indonesia-Afrika

Masih di dalam konteks ekonomi, Menlu Retno Marsudi menambahkan, untuk pertama kalinya juga kita sudah berhasil menyelesaikan negosiasi PTA (Preferential Trade Agreement) dengan Mozambique. Negosiasinya menurut rencana akan ditandatangani pada saat Indonesia Africa Infrastructure Dialogue, minggu ketiga bulan ini di Bali.

“Ini merupakan kontinyuasi keberlanjutan dari Indonesia Africa Forum yang dilakukan tahun lalu, tetapi tahun ini adalah fokus di bidang infrastruktur,” jelas Menlu.

Menurut Menlu, pada saat bicara dengan 3 duta besar dari negara Afrika yang menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden, maka fokus kerjasama di bidang ekonomi termasuk penyelenggaraan IAID (Indonesia Africa Infrastructure Dialogue) menjadi topik bahasan.

Selain itu, pembicaraan juga terkait dengan visi yang disampaikan Presiden. “Jadi infrastruktur, investasi pengembangan human capital dan sebagainya yang intinya, semua sepakat bahwa kita akan memfokuskan kerjasama kerjasama di bidang itu,” ucap Menlu.

“Jadi intinya kira-kira itu teman-teman, audiensi Presiden dengan 12 besar dari negara sahabat yang pada hari ini menyampaikan surat-surat kepercayaan,” pungkas Menlu. (ref)

sumber: Infopresiden.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.