Karyawan PT AP II dan PT Inti Kena OTT, KPK Duga Kedua BUMN Terlibat Suap

0 24

KABARIKU – KPK melakukan OTT terhadap Direktur Keuangan PT Angkasa Pura (AP) II Andra Y Agussalam, Rabu (31/7/2019) malam. Lima orang diamankan dalam OTT ini. Kelima orang itu, selain Direktur Keuangan AP II, juga karyawan AP II dan PT INTI.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan menyebutkan, selain mengamankan lima orang, KPK juga mengamankan uang dalam pecahan dolar Singapura senilai Rp 1 miliar.

Mengutip Detik, (Kamis, 1 Agustus 2019), KPK menduga antara PT AP II dan PT Inti ada unsur suap. Belum jelas suap dalam apa. Hanya saja, seperti dituturkan Basaria, pihak dari PT Inti diduga memberikan suap untuk memuluskan pekerjaan di PT AP II.

“Tim KPK telah mengamankan lima orang dari unsur direksi PT AP II, pihak dari PT Inti, dan pegawai masing-masing BUMN yang terkait,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, Kamis (1/8/2019).

Plt VP of Corporate Communication PT AP II, Dewandono Prasetyo menyatakan, manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan akan menghormati proses hukum terkait pemeriksaan Direktur Keuangan AP II oleh KPK.

“Angkasa Pura II siap kooperatif dan bekerja sama dengan pihak berwenang terkait kejadian tersebut,” lanjutnya.

Dewandono pun menyatakan, operasional perusahaan tetap berjalan seperti biasa usai kejadian ini.

Hal senada diungkapkan pihak PT INTI (Persero). Pjs Sekretaris Perusahaan PT INTI, Gde Pandit Andika Wicaksono menyatakan, akan mengikut prosedur yang ada.

“Untuk saat ini terkait pemberitaan yang menyebutkan nama institusi PT INTI (Persero) di dalamnya, perusahaan akan bersikap kooperatif dan mengikuti prosedur standar operasi yang berlaku,” katanya seperti dirilis detikFinance, Kamis (1/8/2019).

Andra Agussalam menjadi Direktur Keuangan PT AP II sejak tahun 2015. Lahir di Jakarta 24 Maret 1964, Agus pernah bekerja di berbagai perusahaan. Sebelumnya, ia merupakan Direktur Administrasi dan Keuangan PT Len Industri (Persero). Tahun 1990-1991 lalu, merupakan staf officer Bank Rakyat Indonesia(BRI) New York.

Hingga berita ini ditirukan, baru Agus yang identitasnya terbuka ke publik dari lima orang yang ditangkap KPK dalam OTT tersebut. (ref)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.